CARA PENGELOMPOKAN TULISAN DAN HALAMAN PADA BLOG WORDPRESS

Oktober 30, 2008 at 10:49 am 5 komentar

Setelah kita tahu cara membat tulisan dan halaman, sekarang saya akan membahas tentang cara mengelompokan tulisan dan halaman. Pengelompokan perlu dilakukan supaya kita lebih mudah menyusun serta mengatur tulisan yang kita buat. Coba bayangkan jika anda menulis 100 artikel yang berbeda-beda temanya, mungkin pengunjung blog anda akan kebingungan serta kesulitan mencari tulisan yang mereka butuhkan. Oleh karena itu perlu adanya pengelompokan dalam tulisan maupun halaman yang anda buat. Untuk melakukan hal tersebut, ada dua cara, yaitu:


1. KATEGORI

Cara ini digunakan hanya untuk mengelompokan tulisan saja. Caranya anda tinggal memilih menu pengaturan dan sub menu kategori. Setelah itu anda tinggal menambahkan kategori yang anda inginkan. Contohnmya blog anda memiliki tema olah raga. Kategori yang bisa anda buat diantaranya sepak bola, voli, olympiade, liga dsb.

Setelah itu, anda tinggal membuat tulisan yang berhubungan dengan kategori yang telah anda buat. Cara memasukan tulisan anda kedalam kategori tersebut, anda tinggal memilih kotak kategori yang terdapat di bawah tempat nada menulis. dan pilih “seluruh kategori”. Lalu pilihlah kategori yang berhubungan dengan artikel anda. Setelah itu terbitkanlah tulisan anda.

2. TAG

Tag ialah kata kunci dari tulisan maupun halaman yang anda buat. Fungsinya supaya memudahkan pengunjung blog dalam menemukan tulisan yang mereka cari. Contohnya pengunjung blog membutuhkan tulisan yang berhubungan dengan kata sukses. Maka jika tag yang bertuliskan sukses itu di klik, maka akan muncul tulisan-tulisan tentang sukses.

Cara membuat tag cukup mudah, anda tinggal mengisikan kata kunci yang berhubungan dengan tulisan anda pada kolom tag yang tersedia di bawah tempat anda memasukan tulisan. Kata kunci yang dapat digunakan bisa lebih dari satu kata. Setiap kata kunci yang berbeda harus dipisahkan oleh koma. Contohnya anda ingin menulis tulisan yang berjudul tips-tips dalam belajar. Maka tag yang bisa anda buat diantaranya pintar, menulis, cerdas, rajin, pr dsb.

Itulah dua cara mengelompokan tulisan dan halaman. Namun jika anda ingin menampilkan kategori dan tag pada blog anda, caranya pilih menu DESAIN dan sub menu WIDGET. Setelah itu carilah kotak kategori pada susunan kotak yang terdapat di sisi sebelah kiri anda. Jika sudah ketemu, klik tambah dan lihatlah apakah kotak kategori telah ada di susuna kotak sebelah kanan anda. Jika sudah, maka susunlah menurut selera anda dengan menggesernya. Setelah itu klik SIMPAN PERUBAHAN dan kunjungi blog anda. Begitu juga dengan menampilkan tag, caranya sama dengan cara diatas.

Selain itu, anda bisa menambahkan fasilitas lainnya seperti kalender, profil dll dengan cara yang sama. Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan selamat mencoba, terus semangat pantang menyerah…!!

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

TIPS SUKSES MEMBANGUN SEBUAH ACARA SUARA HENTAKAN BISA BANGKITKAN SEMANGAT

5 Komentar Add your own

  • 1. marketingtulen  |  Januari 19, 2009 pukul 7:23 am

    Aku mo menambahkan tulisan pada halaman tambahan (bukan home), Tapi ketika kategorinya sudah saya pilih dengan nama halaman tersebut, tetap munculnya di home. gimana ya caranya?

    Balas
  • 2. zird  |  Januari 25, 2009 pukul 10:41 am

    halaman pada blog wordpress memang hanya bisa memuat satu tulisan saja, tidak bisa dimasuki tulisan lainnya. tapi saran saya,sebaiknya anda membuat halaman yang berisikan link-link yang mengacu kepada tulisan yang berhubungan dengan halaman tersebut. atau dengan sederhananya, halaman yang anda buat itu jadikan seperti daftar isi terhadaptulisan tulisan anda. terima kasih atas partisipasianya

    Balas
  • 3. why_snu  |  Juni 11, 2009 pukul 7:42 am

    masa g’ bsa si, sya liat di blog lain ko bisa x kumpulan tulisan2 di tempatkan di halaman, sy jg mash cari caranya…

    Balas
  • 4. zird  |  Juni 20, 2009 pukul 12:53 pm

    kalo boleh saya kasih ide, sebaiknya anda buat saja ringkasan tulisannya, jangan lupa diatasnya dikasih judul yang ngelink ke tulisan. atau di bawah ringkasan tulisan itu buat saja tulisan “baca selengkapnya……” yang ngelink ke tulisan anda. bagaimana, bisa kan?

    Balas
    • 5. why_snu  |  Juni 20, 2009 pukul 1:45 pm

      tnx ya infonya…….ntar sya coba………slam kenal balik x…………

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Peserta Kontes Seo

RSS ayomajucoy-cayo

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kalender

Oktober 2008
S S R K J S M
    Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: